olahraga pagi hari saat puasa, senam aerobik saat puasa, waktu yang tepat berolahraga saat berpuasa, gerakan olahraga saat puasa, jenis olahraga saat puasa, manfaat olahraga saat puasa, olahraga membakar lemak saat puasa, olahraga saat berpuasa untuk menurunkan berat badan, olahraga sehat di dalam rumah, olahraga sehat pagi hari, olahraga sehat untuk diet, contoh olahraga ringan di pagi hari, olahraga pagi di rumah, gerakan olahraga pagi, urutan olahraga yang benar, olahraga subuh

Waktu yang Baik untuk Olahraga di Bulan Puasa - Puasa bukanlah menjadi halangan bagi Anda untuk tetap melakukan aktivitas olahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Olahraga saat berpuasa juga bisa menjadi kesempatan Anda untuk lebih banyak membakar kalori tubuh sehingga Anda bisa menurunkan berat badan saat puasa. Tentunya, ini merupakan sebuah hal yang sangat positif. Tetapi, sebaiknya anda jangan sembarangan melakukan aktivitas olahraga saat puasa. Tetap perhatikan waktu dan juga intensitas olahraga saat puasa supaya olahraga tidak mengganggu puasa Anda.

Kapan sebaiknya melakukan olahraga saat puasa?

Olahraga saat perut kosong dan haus bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Ini bisa membuat tubuh Anda merasa sangat kelelahan, lemas, pusing, hingga menyebabkan dehidrasi. Olahraga berat saat puasa juga bisa menyebabkan kerusakan otot dan juga bisa meningkatkan hormon stres (hormon kortisol) dalam tubuh. Sehingga untuk mencegah hal seperti ini, Anda harus pintar-pintar mencari waktu yang tepat untuk rajin berolahraga saat bulan puasa.

Baca | 9 Tips agar Tetap Sehat Selama Puasa



Sebenarnya, waktu yang paling tepat untuk Anda melakukan olahraga saat puasa itu tergantung pada diri Anda sendiri. Selama Anda tidak merasa lemas dan juga pusing setelah melakukan olahraga saat puasa, ini tidak menjadi masalah bagi tubuh. Kekuatan setiap orang untuk berpuasa itu bisa berbeda-beda. Tapi, terdapat waktu yang paling baik bagi Anda untuk melakukan olahraga saat puasa, yaitu:

Sebelum buka puasa
Anda bisa melakukan aktivitas olahraga sesaat sebelum Anda buka puasa guna membakar lemak tubuh lebih banyak. Tentunya, ini menguntungkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan anda saat puasa. Melakukan olahraga di saat perut kosong juga bisa membantu Anda dalam menghilangkan lemak tubuhlebih banyak.

Setelah Anda melakukan olahraga (menggunakan sisa energi Anda), kemudian Anda bisa makan saat berbuka puasa untuk menggantikan energi-eenergi yang hilang. Sehingga waktu olahraga sebelum buka puasa pun mungkin merupakan waktu olahraga yang baik. Anda mungkin tidak perlu khawatir akan mengalami gula darah rendah atau bahkan dehidrasi.

Tetapi ingat, jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang berlebihan untuk bisa membakar lemak tubuh lebih banyak. Anda masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang hanya sedikit, sehingga olahraga yang Anda lakukan perlu dibatasi, tidak lebih dari 60 menit. Jangan sampai Anda sakit, merasa lemas, dan juga pusing setelah olahraga.

Baca | Cara Meningkatkan Stamina



Setelah buka puasa
Ini merupakan waktu yang terbaik untuk Anda melakukan olahraga selama bulan puasa. Anda bisa melakukan aktivitas olahraga dua sampai tiga jam setelah buka puasa. Tunggu sampai makanan-makanan di dalam tubuh Anda dicerna oleh tubuh sehingga Anda bisa mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga. Karena Anda sudah makan dan sudah mengisi tubuh Anda lagi dengan energi, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas olahraga apapun yang Anda inginkan pada saat ini, dari intensitas yang ringan sampai yang berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Setelah sahur
Setelah sahur Anda bisa juga melakukan olahraga. Tubuh Anda telah menerima energi dari makanan-makanan yang Anda makan saat sahur, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas olahraga pada saat ini. Tapi, sebaiknya olahraga yang Anda lakukan setelah sahur adalah jenis olahraga dengan intensitas ringan. Olahraga setelah sahur baik Anda lakukan guna menjaga kebugaran tubuh saat puasa.

Tapi perlu diingat, Anda harus menyediakan energi untuk melakukan aktivitas Anda selanjutnya hingga waktu buka puasa, sehingga anda jangan melakukan olahraga berlebihan pada waktu ini.

Lainnya | 5 Manfaat Buah Kurma untuk Berbuka Puasa bagi Tubuh Anda



Back to Homepage
Sumber : hellosehat.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
OBAT OLES PRIA FOREDI GEL MENGATASI EJAKULASI DINI © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top